Berita, Internasional, Sosial Politik

Warga Berlin Unjuk Rasa Mengecam Kekejaman Terhadap Minoritas Muslim Rohingya

KBN – Berlin – Warga Berlin mengadakan unjuk rasa untuk memprotes kekerasan yang menimpa Muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Unjuk rasa dilakukan di depan Kedutaan Besar Myanmar di Berlin, pada Sabtu (2/8/2017).

Dilansir dari Anadolu pada Ahad (3/9/2017), para pengunjuk rasa mengungkapkan kesedihan dan kemarahannya yang mendalam dengan berorasi mengutuk perilaku biadab yang dilakukan oleh aparat keamanan Myanmar dan mengecam sikap dan pembiaran kekejaman yang dilakukan oleh Aung San Suu Kyi selaku pemimpin Myanmar. Pengunjuk rasa juga membawa dan mengarak spanduk bertuliskan “Hentikan genosida di Myanmar” dan “Kita semua adalah manusia” dalam bahasa Inggris dan Jerman. Unjuk rasa ini digagas oleh LSM Turki dan Komunitas Turki Berlin, serta didukung oleh beberapa LSM lokal lain di Berlin.

Dalam orasinya mereka juga mengatakan bahwa Muslim Rohingya di Myanmar hidup di bawah tekanan pemerintah dan dalam kondisi tidak manusiawi. Para pengunjuk rasa mendesak bantuan internasional untuk segera diluncurkan bagi orang-orang Muslim yang menderita di sana.

Diketahui bahwa kekerasan meletus di Rakhine Myanmar pada 25 Agustus lalu, saat aparat keamanan negara tersebut melancarkan operasi militer terhadap komunitas Muslim Rohingya. Dilaporkan bahwa aparat keamanan Myanmar telah menggusur puluhan ribu warga minritas Muslim Rohingya dan menghancurkan rumah mereka dengan mortir dan senapan mesin. Daerah ini telah mengalami ketegangan antara masyarakat Buddha dan Muslim sejak kekerasan komunal terjadi pada 2012.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com