Berita, Nasional, Sosial Politik

Refly Harun: Moralis Seperti Yudi Latif Tidak Akan Betah Di BPIP

KBN – Jakarta – Merepon keputusan Yudi Latif untuk mundur dari jabatan kepala BPIP, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mengaku tidak heran dengan keputusan Yudi Latif yang memilih mundur sebagai Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut. “Yudi Latief mundur? Saya tidak kaget. Seorang moralis seperti dia tak akan betah berlama-lama di suatu lembaga semacam BPIP.”, kata Refly melalui cuitannya di akun twitter, Jumat (8/6/2018).

Bahkan Refly menambahkan bahwa BPIP saat ini tidak terlalu dibutuhkan untuk menjaga eksistesi ideologi negara. Refly berargumen bahwa Pancasila harus hidup dari masyarakat atau dari bawah. Bukan dengan cara dari atas ke bawah atau dari pemerintah ke masyarakat. Peran negara dalam menjaga ideologi Pancasila menurut Refly cukup dengan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. “Bagi saya sendiri (BPIP) memang tak dibutuhkan. Pancasila harus hidup dari masyarakat secara bottom up, tidak top down dari negara. Negara cukup memberi contoh baik. Salut Yudi.”, tulis Refly.

Diketahui sebelumnya bahwa Yudi Latif mundur dari BPIP terhitung sejak Kamis (7/6/2018) atau tepat setahun sejak Yudi dilantik menjadi Kepala Unit Kerja Presiden-Pembina Ideoogi Pancasila (UKP-PIP).

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com