Berita, Nasional, Sosial Politik

Polisi Akan Periksa Sandiaga Uno Selasa Besok

KBN – Jakarta – Rencananya Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya akan memintai keterangan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Selasa (30/1/2018) dalam kaitan dengan kasus dugaan penipuan dan penggelapan atas penjualan tanah di Jalan Curug Raya, Desa Kadu, Tangerang. Dalam hal ini Sandiaga dan rekan bisnisnya di PT Japirex, Andreas Tjahjadi, dilaporkan oleh Fransiska Kumalawati yang mendapat kuasa dari Djoni Hidayat. “Iya, besok agendanya. Kita tunggu saja besok.”, ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018).

Kasus ini bermula saat PT Japirex menjual tanah seluas sekitar 6.000 meter persegi di Jalan Curug Raya, Tangerang pada 2012. Sandiaga dan Andreas Tjahjadi merupakan pemilik saham perusahaan. Di belakang lahan perusahaan itu, terdapat tanah 3.000 meter persegi milik Djoni Hidayat. Menurut pelapor, tanah itu turut dijual oleh PT. Japirex, meski tidak ada perjanjian dengan Sandiaga dan Andreas.

Namun demikian Sandiaga membantah hal tersebut. Menurutnya, penjualan tanah telah disetujui oleh seluruh jajaran direksi, termasuk Djoni Hidayat. “Dalam proses likuidasi (tanah) dijual. Untuk memenuhi syarat-syarat likuidasi. Dan waktu itu, sudah disetujui semuanya.”, jelas Wagub DKI tersebut di Mapolda Metro Jaya, Jakarta pada Kamis (18/1/2018).

Laporan polisi dalam kasus ini, teregistrasi dengan nomor: LP/1151/III/2017/PMJ/Dit.Reskrimum pada 8 Maret 2017. Penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya telah meningkatkan kasus ini, ke tahap penyidikan. Andreas telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penggelapan tanah.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com