Berita, Internasional, Sosial Politik

PM Lebanon Hariri Tunda Pengunduran Dirinya

KBN – Beirut – Dikabarkan bahwa Perdana Menteri (PM) Lebanon Saad Hariri telah kembali kenegaranya pada Selasa (21/11/2017). Hariri membuat pengumuman mengejutkan yaitu memutuskan menunda pengunduran dirinya sebagai perdana menteri Lebanon sebagaimana yang telah diumumkannya tiga pekan lalu. Pengumuman tersebut dibuat Hariri setelah bertemu dengan Presiden Lebanon Michel Aoun pada perayaan Hari Kemerdekaan Nasional.

Pada pertemuan tersebut Hariri menjalin komunikasi empat mata dengan Aoun. Keduanya membahas keputusan Hariri mengundurkan diri sebagai perdana menteri sekitar tiga pekan lalu dari Arab Saudi. Aoun menegaskan dirinya tidak akan mempertimbangkan pengunduran diri Hariri sebagai perdana menteri sebelum mendengar dari mulutnya langsung. Dalam komentarnya, Hariri mengatakan dirinya memprioritaskan kepentingan Lebanon dan berharap dapat mewujudkan kemitraan riil dengan Aoun.

Hariri mengungkapkan dia dapat mempertimbangkan kembali pengunduran dirinya bila ada penyelesaian baru yang memastikan Hizbullah tetap berada di luar urusan regional. Hal ini pun direspons Aoun dengan menawarkan lebih banyak waktu kepada Hariri untuk berkonsultasi sebelum benar-benar mantap memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai perdana menteri. Tawaran tersebut diterima Hariri dan membuatnya memutuskan menunda pengunduran dirinya sebagai perdana menteri. “Saya berharap ini adalah pendahuluan serius untuk dialog nasional.”, tegas Hariri.

Diketahui sebelumnya bahwa pada 4 November 2017  lalu, Hariri mengumumkan pengunduran dirinya dari Arab Saudi. Ia memutuskan mengundurkan diri dengan alasan adanya rencana pembunuhan terhdap dirinya. “Kita hidup dalam iklim yang mirip dengan atsmosfer yang berlaku sebelum pembunuhan martir Rafik al-Hariri (ayah Saad Hariri). Saya telah merasakan apa yang direncanakan dengan sembunyi-sembunyi untuk mengincar hidup saya.”, kata Hariri saat itu.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com