Berita, Internasional, Sosial Politik

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Harus Menindak Tegas Kesadisan & Kebiadaban Zionis Israel

KBN – Yerussalem – Merespon aksi brutal dan sadis yang dilakukan oleh zionis Israel yang menyebabkan tewasnya 39 warga Palestina di perbatasan Gaza, Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Saeb Erekat menyerukan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) segera melakukan investigasi terhadap Israel.

Erekat berpandangan bahwa ICC yang sebelumnya telah melakukan penyelidikan awal terhadap kejahatan Israel atas rakyat Palestina harus menindaklanjuti langkah tersebut. “Sekarang, ICC diminta untuk segera menyatakan penyelidikan internasional atas kejahatan-kejahatan ini.”, tegas Erekat pada sebuah konferensi pers di Ramallah pada Sabtu (21/4/2018), dikutip laman Anadolu Agency.

Erekat menjelaskan bahwa sudah saatnya bagi Jaksa Penuntut ICC untuk membuka penyelidikan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanannya Avigdor Lieberman terkait peristiwa penembakan brutal terhadap warga berikut anak-anak Palestina di Jalur Gaza

Diketahui bahwa sejak akhir Maret lalu, ribuan warga Palestina di Gaza menggelar aksi demonstrasi  Land Day di dekat pagar perbatasan Israel. Aksi ini digelar guna menuntut Israel mengembalikan tanah-tanah yang direbutnya saat perang Arab-Israel tahun 1948 kepada para pengungsi Palestina. Aksi tersebut direspons secara represif oleh pasukan keamanan Israel. Mereka tak ragu menyerang, bahkan secara sadis menembak mati warga Palestina yang berusaha mendekat ke pagar perbatasan.

Dilaporkan bahwa sejak 30 Maret hingga saat ini, pasukan keamanan zionis Israel telah membunuh 39 warga Palestina di Gaza yang menggulirkan Aksi Kepulangan Akbar. Lebih dari 1.000 orang lainnya pun mengalami luka-luka akibat kekerasan yang dilakukan pasukan Israel.

Aksi demonstrasi di perbatasan Gaza-Israel akan dilakukan selama beberapa pekan. Aksi puncak akan digelar pada 15 Mei mendatang ketika Israel memperingati hari kelahirannya.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com