Berita, Nasional, Pendidikan, Sosial Politik

MPR-RI: Takbir Itu Pancasilais, Sesuai Dengan Sila Pertama

KBN – Medan – Belakangan muncul penyebaran kebodohan persepsi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mengaitkan kalimat Takbir dengan terorisme atau anti-nasionalisme. Menurut Ketua MPR Zulkifli Hasan takbir merupakan bagian dari penerapan Pancasila. Zulkifli menegaskan bahwa sila pertama Pancasila menganjurkan rakyat Indonesia untuk bertuhan dan mengamalkan ajaran agama masing-masing. Sila ini berbunyi ‘Ketuhanan yang Maha Esa’. Membaca takbir sendiri merupakan bagian dari ibadah umat Islam. “Takbir itu Pancasilais. Sesuai dengan sila pertama, warga negara mengamalkan ajaran agamanya masing-masing. Oleh karena itu, takbir itu Pancasilais.”, jelas Zulkifli dalam diskusi kebangsaan yang merupakan rangkaian Muktamar Ke-X Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) di Medan, Ahad (10/12/2017).

Ia pun mengingatkan bahwa kalimat takbir juga tak dapat dipisahkan dari perjuangan para pejuang dulu. Pada masa merebut kemerdekaan Indonesia, para pejuang tak pernah lupa untuk meneriakkan takbir. “Dulu begitu, takbir dulu tiga kali baru teriak merdeka,” ujar Ketua Umum PAN ini.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Muktamar Ke-X KAMMI. Muktamar yang digelar di Asrama Haji, Medan, pada 11-15 Desember 2017 ini akan diikuti sekitar seribu kader. Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan membuka Muktamar secara resmi, Senin (10/12/2017) besok.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com