Berita, Internasional, Sosial Politik

Mantan PM Malaysia Najib Razak Dicekal Untuk Ke Luar Negeri

KBN – Kuala Lumpur – Mantan PM Malaysia Najib Razak, mendapat larangan pergi ke luar negeri pada Sabtu (12/5/2018) dari pemerintah baru Malaysia. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan langkah ini diambil karena ada bukti cukup untuk menyelidiki keterkaitan Najib dengan skandal multimiliar dolar. “Memang benar saya mencegah Najib meninggalkan negeri.”, jelas Mahathir dalam acara jumpa pers.

Ia juga menjelaskan bahwa langkah itu diambil untuk mencegah kemungkinan masalah timbul kemudian terkait ekstradisi. “Ada cukup bukti bahwa penyelidikan terhadap hal-hal tertentu yang dilakukan oleh mantan perdana menteri itu harus dijalankan dan, jika perlu, aturan hukum akan diterapkan.”, tegas Mahathir.

Mahathir juga mengatakan bahwa jaksa agung Apandi Ali yang melepaskan Najib dari kesalahan dalam skandal korupsi dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB), sudah dipecat.

Pihak imgrasi mengeluarkan perintah pelarangan meninggalkan Malaysia atas Najib dan istrinya, Rosmah Mansor. Perintah hanya beberapa menit setelah perdana menteri tersingkir itu mengatakan bahwa mereka akan pergi berlibur sepekan ke luar negeri untuk beristirahat setelah kekalahannya yang mengejutkan dalam pemilihan umum.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com