Berita, Featured, Nasional, Pendidikan, Sosial Politik

Kekacauan Di Indonesia, Kapustanas: Pilih Pancasila atau Indonesia Pecah

 

KBN – Jakarta – Kekacauan yang terjadi di Indonesia saat ini harus segera diselesaikan jika tidak ingin negara ini terpecah belah hancur lebur baik secara fisik atau sosial. Dan langkah penyelesaian yang terbaik bagi bangsa adalah dimulai dengan kembali pada Pancasila, demikian papar Kepala Pusat Studi Ketahanan Nasional Universitas Nasional, Iskandarsyah Siregar, saat dihubungi Kantor Berita Nasional (20/1/2016) di Jakarta.

“Sebagai contoh, tidak mungkin persoalan penistaan agama akan muncul jika prinsip KeTuhanan yang maha esa tegak sebagai ruh ideologi di negeri ini. Pelecehan terhadap Tuhan dan agama adalah kejahatan paling menjijikan dan paling tidak berterima di jagat raya ini. Wajar jika reaksi masyarakat Indonesia begitu masif dan agresif terhadap kasus ini. Begitu pula dalam penyelesaiannya. Harusnya kita sadar bahwa prinsip musyawarah dalam mencari mufakat oleh orang-orang yang diberikan Tuhan hikmah dan kebijaksanaan adalah cara terbaik dalam menyelesaikan persoalan bangsa dan negara”, jelas Iskandarsyah. 

Ia juga menambahkan bahwa mudahnya masyarakat merasa tersinggung karena merasa diremehkan, diperlakukan tidak beradab, dan tidak mendapatkan keadilan secara sosial. Inilah yang menjadi tugas para pemimpin bangsa untuk memperbaikinya.

Iskandarsyah siregar juga berasumsi bahwa ada aksi sistematis yang ingin menjauhkan bangsa Indonesia dari Pancasila sebagai ideologi dasar negara. “Mereka yang jahat itu sangat memahami bahwa untuk menghancurkan Indonesia hanya bisa dengan merusak nilai-nilai berbangsa dan bernegara yang lahir dari Pancasila. Karena keburukan jenis apapun mustahil menang menghadapi bangsa Indonesia yang berkeTuhanan, berkemanusiaan, beradab, bersatu, bermufakat, dan berkeadilan. Dan bangsa ini harus sadar akan kekuatan itu”, tutup Iskandarsyah.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com