Berita, Nasional, Sosial Politik

Kapustanas: Bangsa Indonesia Merdeka Karena Tuhan, Bukan Karena Politisi Atau Pribadi Apapun

KBN – Jakarta – Kepala Pusat Studi Ketahanan Nasional, Iskandarsyah Siregar, menegaskan bahwa bangsa ini harus waspada dan berhati-hati dalam menghadapi dinamika ke depan. Ia menjelaskan bahwa yang harus dipastikan adalah tiap-tiap dinamika, langkah, maupun kebijakan haruslah menuju visi berbangsa dan bernegara. “Hati-hati! Jangan terlena dengan tingkah polah figur-figur tertentu. Jangan-jangan bangsa ini sengaja dibuat lelah dengan kegaduhan atau keriaan yang ada sekarang. Bangsa ini harus fokus memperjuangkan visi bangsa dan negara.”, tegas Iskandarsyah saat dihubungi media, Selasa (10/4/2018) di Jakarta.

Ia menjelaskan bahwa sejatinya pemerintah harus melakukan segala cara agar visi bangsa dan negara tercapai. Visi yang dimaksud tersebut adalah Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. “Jangan sampai program-program yang dibuat tidak mengendorse kepentingan bangsa. Apalagi sampai menzalimi bangsa ini sendiri. Kerja saja tidak cukup. Harus ada strategi, taktik, dan model yang jelas dan tepat sebagai acuan. Dan rujukannya haruslah Pancasila.”, jelas dosen Universitas Nasional ini.

Iskandarsyah pun tidak lupa mengingatkan bahwa bangsa ini merdeka berkat rahmat Allaah Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian, dalam perjalanan berbangsa dan bernegara jangan sampai meninggalkan nilai-nilai keTuhanan. “Bukan kehebatan politisi atau ekonom yang membuat bangsa ini merdeka. Bangsa ini dimerdekakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jadi jangan sombong menjadi manusia. Percayalah, kita tidak cukup pintar dan hebat untuk bisa memerdekakan dan membangun negara, jika tidak kerap memohon dan berjalan sesuai aturan main yang telah dibuat olehNya.”, tegas Iskandarsyah memungkas pembicaraan.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com