Berita, Hukum Hankam, Internasional, Sosial Politik

Israel Merusak Rumah Sakit Indonesia Dalam Sebuah Serangan Tidak Beradab Ke Gaza

KBN – Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza pada Sabtu (27/10/2018) dini hari di Bait Lahiya di utara daerah diblokade itu. Akibat serangan tidak beradab tersebut, Rumah Sakit Indonesia rusak. Padahal seharusnya rumah sakit merupakan tempat yang tidak boleh diserang dalam situasi apapun, sesuai kesepakatan internasional.

Sumber relawan Indonesia di rumah sakit tersebut mengatakan, pesawat tempur F-16 Israel meluncurkan tidak kurang dari lima roket ke tempat pelatihan militer Hamas. “Dentuman keras kelima roket tersebut mengguncang area sekitar dan menyebabkan kerusakan di bagian atap sejumlah ruangan di RSI.”, kata sumber RSI kepada pejabat lembaga medis kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) di Jakarta, Indonesia, sebagai pihak yang membangun rumah sakit tersebut.

Di antara ruangan RSI yang rusak adalah kantor administrasi, koridor, ICU, toilet dan lainnya.

Hingga serangan itu dilaporkan, relawan Indonesia di RSI mengatakan masih mendengar jelas deru pesawat tempur Israel di langit Gaza. Belum ada laporan tentang adanya jatuh korban di pihak Hamas atau warga Palestina di Gaza akibat serangan udara.

Diketahui bahwa Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza dibangun oleh MER-C menggunakan dana murni dari donasi rakyat Indonesia untuk bangsa Palestina.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com