Berita, Internasional, Sosial Politik

Arab Saudi Bergembira Dengan Rekonsiliasi Hamas Dan Fatah

KBN – Riyadh – Rekonsiliasi dua faksi Palestina yang selama ini selalu bersaing, Hamas dan Fatah dan pernyataan keduanya tentang kesiapan membantu Palestina dalam mendapatkan hak legitimasinya, disambut baik oleh Arab Saudi. Demikian dilaporkan oleh kantor berita Saudi SPA. SPA mengatakan bahwa Arab Saudi  menyatakan harapan besar rekonsiliasi akan mewujudkan harapan persaudaraan rakyat Palestina untuk mengakhiri perpecahan dan mencapai persatuan.

Diketahui sebelumnya bahwa dua faksi Palestina yang selama ini bertentangan, Hamas dan Fatah, menandatangani pakta rekonsiliasi, Kamis (12/10/2017) waktu setempat. Hamas sepakat menyerahkan kendali pemerintahan Gaza kepada Fatah, termasuk penyeberangan perbatasan Fatah yang dianggap sangat penting.

Kesepakatan yang ditengahi oleh Mesir itu menjembatani perbedaan besar antara Partai Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas yang didukung Barat dengan Hamas yang dilabeli teroris oleh Barat dan Israel. Bersatunya kedua kekuatan politik Palestina itu juga menguatkan posisi Abbas dalam setiap perundingan Palestina di daerah-daerah Palestina yang diduduki Israel.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com