Berita, Internasional, Nasional, Sosial Politik

Anwar Ibrahim Merasa Padang Seperti Kampung Sendiri

KBN – Dato’ Seri Anwar Ibrahim, tiba di Kota Padang, Sumatra Barat pada Sabtu (27/10/2018) sore. Ia dijadwalkan atas sejumlah agenda di beberapa daerah di Sumbar sudah menanti untuk dihadiri tokoh nasional Malaysia tersebut, hingga Senin (29/10/2018) besok.

Anwar ibrahim juga dijadwalkan akan menerima gelar doktor kehormartan (Honoris Causa) dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Kedatangan Anwar di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) disambut oleh sejumlah pejabat penting Sumatra Barat, termasuk Gubernur Irwan Prayitno (IP). Selepas ramah tamah di bandara, Anwar dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju Kantor Gubernur Sumatra Barat untuk menghadiri acara makan malam bersama pejabat dan budayawan.

Ia sempat menyampaikan sambutan usai menyantap hidangan khas Minangkabau. Uniknya, Anwar tak sekadar menyampaikan sambutan secara formal, namun juga unjuk kemampuannya dalam membacakan pantun. “Sirih saya pelihara sekitar pinang, pinang terhidang awal kenduri. Baik berbudi orang Minang, terasa pulang kampung sendiri.”, ujar Anwar saat menyampaikan pantun yang dibacakan saat sambutannya, Sabtu (27/10/2018) petang.

Ia secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Gubernur IP yang masih mempertahankan budaya berpantun. Menurutnya, seorang peimimpin harus tetap berpegang pada akar budaya. Kemampuan berpantun, lanjut Anwar, juga hanya dimiliki oleh seseorang dengan perbendaharaan kata yang luas. “Kekuatan pantun jangan diremehkan. Kekuatan pantun itu hanya berlaku sekiranya perbendaharaan kata sangat luas. Saya senang diberikan sambutan (dengan pantun).”, jelas Anwar.

Selain menerima gelar doktor kehormatan, Anwar juga akan memberikan kuliah umum di UNP pada Ahad (28/10/2018). Tokoh yang digadang-gadang akan menjadi penerus Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia itu juga dijadwalkan akan berkunjung ke Tanah Datar dan Bukittinggi.

Diketahui sebelumnya bahwa Anwar Ibrahim pada Sabtu (13/10/2018) lalu  memenangkan pemilihan sebagai anggota parlemen untuk wilayah Port Dickson, Malaysia. Kemenangan ini menandakan kembalinya Anwar  ke parlemen Malaysia setelah lepas dari status tahanan. Kondisi ini juga memuluskan jalan bagi Anwar untuk menjadi perdana menteri Malaysia. Saat Mahathir dilantik sebagai perdana menteri, ia berjanji untuk menyerahkan jabatan perdana menteri kepada Anwar setelah dua tahun menjabat.

Red.

Kantor Berita Nasional ( KBN )

kantorberitanasional.com